Mozilla Ngebut Perkenalkan Firefox 9



Hanya dalam hitungan beberapa hari sejak Firefox (FF) 8.0 diluncurkan, kini Mozilla telah menghadirkan versi 9.0 yang masih dalam tahap beta 1. Memangnya apa sih yang membuat Mozilla terkesan terburu-buru dalam memperkenalkan versi beta tersebut?
Pada versi beta ini, Mozilla sepertinya benar-benar hanya ingin memperkenalkan beberapa feature barunya saja dan tidak menampilkan perbaikan dari versi sebelumnya.

Versi 9.0 beta dihadirkan bagi dua platform yaitu desktop dan Android. Untuk desktop, dihadirkan bagi platform Windows, Linux, serta Mac OS. Mozilla mengklaim bahwa versi terbaru ini memiliki tampilan lebih baru dan lebih cepat. Mozilla juga secara resmi telah menyediakan link untuk mengunduhnya di http://www.mozilla.org/en-US/firefox/channel/

Meski sekilas memiliki tampilan antarmuka yang masih sama dengan FF8.0, FF 9.0 beta memiliki beberapa feature baru yang cukup menarik. Dengan adanya feature tambahan, ukuran file FF 9.0 beta memang sedikit lebih besar dibanding FF 8.0

Berikut adalah feature baru FF 9.0 beta 1 versi desktop:

- Type Inference
Feature baru ini berguna untuk meningkatkan kinerja JavaScript sehingga bekerja lebih cepat.

- Mac OS X Lion support
FF 9 memiliki tampilan yang lebih baru dan fresh yang cocok dipadu dengan toolbar serta ikon khas bergaya MacOS. Mendukung metode navigasi menggunakan dua jari yang mana mempermudah saat menggunakan beberapa monitor sekaligus.

- Chunked XHR Support
Feature ini membantu pengembang dalam membuat website dan agar aplikasinya berjalan lebih cepat, terutama yang didalamnya terdapat data yang cukup besar.

- Do Not Track JavaScript Detection
Feature ini untuk menghilangkan pendeteksian jejak pada JavaScript. Sama seperti Chunked XHR, feature ini juga lebih ditujukan kepada pengembang.

Sedangkan feature untuk platform Android:

- Full-Screen Portrait Browsing
Dengannya Anda bisa menjelajah melalui layar tablet menggunakan mode full-screen meski dalam mode portrait. Tampilan tab diletakkan pada menu kiri atas dan secara otomatis akan tersembunyi saat tidak digunakan.

- Tab Optimization
Tab ditampilkan secara thumbnail pada panel kiri, hal ini mempermudah pengguna berpindah antar tab meski sedang dalam keadaan menampilkan web secara full-screen. 

- New Action Bar with Quick Access Buttons
Pengguna dapat mengakses dengan mudah berkat fungsi bar baru yang didalamnya terdapat akses cepat ke bagian konfigurasi seperti Preferences, Add-ons, download dan beberapa menu lainnya.



sumber : http://www.khavid.com

4 comments

Kang Asep----huh monggo kang biar kaya mobil bus rem blong ngebut brows nya..thnks kunjunganya kang asep

Wah firefox sudah update lagi ya !
baru tau dari blog ini aku, makasih infonya gan ?

Iril Sagita :-- sip gan SEMANGAT DI SIANG HARI GAN..!!!


EmoticonEmoticon